Konfigurasi Voip Vlan pada Cisco.

 Konfigurasi Voip Vlan

1.Langkah-langkah.

1.Pertama kita buat topologi nya dulu.

Disini saya menggunakan 
  • 1 Router 2811
  • 1 Switch 2960-24TT
  • 3 IP Phone
  • 3 PC
Dibagi menjadi 2 VLAN yaitu 24 untuk IP Phone dan VLAN 20 untuk PC.

2.Lalu kita masuk ke switch untuk melakukan konfigurasi.

  • Disini saya mengatur hostname menjadi "sw-labiib.
  • Lalu membuat Vlan 20 dengan nama "data".
  • Vlan 24 dengan nama "Voice".
  • Vlan 30 dengan nama "Management".


  • Lalu disini saya masuk ke Vlan 30 dan menambahkan IP address "30.30.30.2 255.255.255.0".
  • Lalu saya tambahkan gateway.
  • Setelah itu saya masuk ke interface 1 untuk melakukan trunk native vlan 30.


  • Disini saya atur interface mana saja yang akan ditambahkan ke vlan yang sudah kita buat tadi.

3.Selanjutnya kita masuk ke router untuk melakukan konfigurasi.

Disini saya ganti Hostname nya.

Lalu saya masuk ke interface 0 dan mengetikan "no shutdown" untuk mengaktifkan.

Lalu saya ke interface 0.20 lalu mengkonfigurasi seperti dibawah.

Lalu saya ke interface 0.24 lalu mengkonfigurasi seperti dibawah.

Lalu saya ke interface 0.30 lalu mengkonfigurasi seperti dibawah.

Lalu saya setting IP DHCP Pool "data" atau vlan 20,dan menambahkan network dan default routing.

Fungsi "ip dhcp excluded-address" ini berfungsi untuk tidak menyebarkan ip yang tertera.

Lalu saya setting IP DHCP Pool "voice" atau vlan 24,dan menambahkan network dan default routing.

Lalu setting agar ip ini tidak disebar juga.

Lalu kita atur telephone service nya.
  • "max-ephone 3" berfungsi untuk menetapkan jumlah telephone yang terdaftar dalam 1 waktu.
  • "ip source-addres 24.24.24.1 port 2000" berfungsi untuk menetapkan IP router lokal dan port komunikasi.

Lalu kita setting nomer untuk ephone 1.

Setelah itu ephone 2.

Lalu ephone 3.


3.Setelah itu kita atur "Type" dan "Button" untuk IP phone kita.
        
Ini untuk ephone 1.

Ephone 2.

Ephone 3.


4.Lalu kita setting IP menjadi DHCP di PC.

Kita pergi ke PC,lalu pilih "Desktop" lalu "IP Configuration".

Setelah itu kita pilih yang DHCP.

Ini untuk PC 1.

Ini untuk PC 2.


5.Setelah itu kita coba tes menelpon untuk memastikan sudah berhasil atau tidak.
Jika sudah bunyi maka sudah berhasil.

6.Lalu kita coba ping antar PC.

Jika sudah mereply seperti di atas berarti sudah berhasil melakukan konfigurasi.

Terimakasih.
























 

Komentar