Konfigurasi Web Server pada PNETLab

 Konfigurasi Web Server


1.Definisi

    Web server adalah perangkat lunak yang memberi layanan berupa data. Web server bertugas untuk menerima permintaan HTTPS atau HTTP dari pengguna internet. Setelah itu, web server akan menyediakan respons atas permintaan tersebut dalam bentuk halaman web.

2.Langkah-langkah.

A.Konfigurasi Apache.

1.Pertama kita buat topologi seperti gambar dibawah.

2.Lalu kita remote server utama kita dengan meggunakan putty.

3.Kita login dengan menggunakan username dan password "admin",setelah itu kita masuk ke user root dengan menggunakan command "sudo -l".


4.Lalu kita masuk ke direktori bind dengan menggunakan comman "cd /etc/bind/",setelah itu kita edit file "labiib" dengan mengunakan command "nano labiib".

Setelah itu pada bagian paling bawah kita tambahkan Ip address server kita,tetapi pada bagian awalnya kita tambahkan "www" seerti di gambar.


5.Setelah itu kita restart bind9 nya dengan menggunakan command "systemctl restart bind9.service",lalu kita cek statusnya dengan menggunakan comman "systemctl status bind9.service",pastikan statusnya "active (running)".

6.Setelah itu kita install apache2 dengan menggunakan command "apt install apache2",lalu kita ketik "Y" saja jika diberi pilihan ingin menginstall atau tidak.

Fungsi apache ini adalah untuk koneksi antara klient dengan web server selagi kita mentransfer file antara client dengan web server.

7.Lalu setelah selesai,kita pindah ke direktori "sites-available" pada apache dengan menggunakan command "cd /etc/apache2/sites-available/",setelah itu kita  copy file "000-default.conf" dan ubah namanya menjadi "labiib.conf " dengan menggunakan command "cp 000-default.conf labiib.conf",setelah itu kita edit file labiib.conf dengan menggunakan perintah "nano labiib.conf".

Setelah itu kita cari "#ServerName" lalu kita hapus "#",dan kita tambahkan DNS kita di samping nya,tetapi kita menggunakan "www" seperti waktu kita mengedit file labiib di bind tadi,jadi saya menambahkan "www.labiib.net".
Fungsi kita menambahkan "www" pada bind dan disini adalah untuk membuat mereka berdua saling terhubung.

8.Lalu kita pergi ke direktori "html" dengan menggunakan command cd /var/www/html/" lalu kita edit file "index.html" dengan menggunakan command "nano index.html".

Lalu pada "Apache2 ubuntu Default page :   <tittle>"" kita tambahkan "labiib".

9.Lalu setelah itu kita pindah kembali ke direktori "etc/apache2/sites-available" dengan menggunakan command "cd etc/apache2/sites-available".
  • Lalu kita nonaktifkan file konfigurasi web default apache nya dengan menggunakan command "a2dissite 000-default.conf".
  • Lalu kita aktifkan konfigurasi web baru yang tadi kita buat dengan menggunakan command "a2ensite labiib.conf".
  • Dan jangan lupa,sesudah kita menaktifkan atau menonaktifkan konfigurasi web,kita ketikan command "systemctl reload apache2" untuk me-refresh apache nya. 
10.Setelah itu kita restart apache nya dengan menggunakan command "systemctl restart apache2.service",lalu kita cek status nya dengan menggunakan command "systemctl status apache2.service",pastikan statusnya "active (running)".

11.Lalu kita pergi ke server client kita,setelah itu kita masuk ke "MATE terminal".

Setelah itu kita masuk ke user root dengan mengetikan "sudo -l".

Setelah masuk user root,kita edit file "resofl.conf" dengan menggunakan command "nano /etc/resolv.conf".


Setelah itu kita tambahkan Ip server utama kita dan DNS kita.

12.Untuk verifikasi apakah sudah berhasil atau tidak,kita lalukan ping pada Ip pertama server utama kita,gateway sever client,ping ke domain web server kita,lalu kita cek di web browser.

  • Ping Ip server utama.

  • Ping gateway server client.


  • Ping Web server kita.

Pastikan saat melakukan ping,semuanya sudah mereply

  • Cek pada browser


  • Pertama kita buka browser.lalu ketikan domain kita yaitu "labiib,net".
  • Jika tampilan nya sudah seperti di atas berarti berhasil.

B.Konfigurasi Nginx.

13.Pertama kita pergi ke direktori "/etc/" pada server utama kita,lalu kita nonaktifkan apache nya dengan menggunakan "systemctl stop apache2",lalu kita cek statusnya dengan menggunakan "systemctl status apache2",dan pastikan statusnya sudah "inactive (dead)".

14.Setelah itu kita install "Nginx" nya dengan mengunakan command "apa install nginx".


15.Setelah di install,kita pergi ke direktori "/var/www/html/" dengan mengunakan command "cd /var/www/html/",lalu kita pindahkan file "index.html" ke direktori "/var/www/" dengan menggunakan command "mv index.html /var/www/",lalu setalah itu kita coba "ls" untuk mengetahui apakah sudah dipindahkan atau belum.

Jika sudah tidak ada file "index.html" seperti diatas,maka file sudah dipindahkan.

16.Lalu setelah itu kita restart nginx kita,lalu kita cek statusnya,pastikan statusnya "active (running)".



17.Lalu kita pergi ke web browser pada server client untuk mengecek,setelah membuka web browser,pada search bar kita ketikan domain kita yaitu "labiib.net".

Jika sudah seperti diatas berarti sudah berhasil.

Terimakasih.

Komentar