Konfigurasi Database

 Database


A.Defenisi

    Database atau basis data adalah kumpulan data yang dikelola sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berhubungan sehingga mudah dalam pengelolaannya. Melalui pengelolaan tersebut pengguna dapat memperoleh kemudahan dalam mencari informasi, menyimpan informasi dan membuang informasi.Adapun pengertian lain dari database adalah sistem yang berfungsi sebagai mengumpulkan file, tabel, atau arsip yang terhubung dan disimpan dalam berbagai media elektronik.

B.Lankah-Langkah

1.Pertama kita buka "Oracle Virtual Box",lalu pergi ke "Setting>Network",lalu pada kolom "Attached to" isi dengan "Bridged Adapter",lalu klik "Advanced" lalu "Promiscuous Mode" kita pilih "allow all",fungsinya adalah untuk menyamakan ip address antara virtual box dengan komputer kita.

2.Lalu kita cek ip virtual box kita menggunakan command "ip a",lalu buka putty dan kita masukan ip nya.

3.Lalu setelah masuk putty kita login dengan user linux kita,dan masukan passwordnya,setelah itu kita masuk ke user root dengan command "su",lalu masukan password user root kita.

4.Setelah itu kita masukan iso debian kita,caranya kita ke virtual box,lalu "Devices>Optical Drives>file iso debian kalian".

5.Lalu kita masukan command "apt-get install mysql-server mysql-client" untuk menginstall aplikasi mysql.
Lalu ketika selesai menginstall,kita cek statusnya apakah sudah active atau belum dengan command "/etc/init.d/mysql status".

6.Lalu setelah ini kita akan menambahkan repository baru terlebih dahulu,karena kalau kita belum menambahkan repository,nanti akan eror saat menginstall,masukan command "echo "deb http://archive.debian.org/debian stretch main contrib non-free" > /etc/apt/sources.list",lalu lakukan update dengan menggunakan command "apt update".

7.Lalu kita install phpmyadmin dengan command "apt-get install phpmyadmin".

Lalu setelah itu kita pilih yang "apache2".

Lalu kalian akan diberi pilihan apakah akan menjalankan phpmyadmin dengan "dbconfig-common",kita pilih "yes" saja.

Lalu kita akan disuruh untuk memberi password,isi password yang gampang saja,saya menggunakan "12345".
Lalu masukan lagi passwordnya.

8.Lalu untuk masuk ke database nya,kita masukan command "mysql -u root -p",lalu masukan passwordnya yang tadi kita buat.

9.Lalu setelah masuk kita akan membuat user dan password untuk masuk ke website phpmyadmin nanti,commandnya adalah "create user 'nibrooslabiib'@'localhost'identified by'12345';".

10.Lalu kita akan membuat 2 database baru dengan command "CREATE DATABASE nibroos;" dan "CREATE DATABASE labiib;",lalu untuk memperiksa apakah sudah terbuat atau belum kita gunakan command "SHOW DATABASES;",jika sudah muncul berarti sudah berhasil.

11.Lalu kita akan memberikan permission atau hak akses agar bisa mengedit dan membaca dengan command "grant all on nibroos.* to 'nibrooslabiib'@'localhost';" dan "grant all on labiib.* to 'nibrooslabiib'@'localhost';".

12.Lalu kita pergi ke mozila firefox atau google chrome,lalu masukan "172.18.21.1/phpmyadmin",lalu kita masukan username "nibrooslabiib" dan password nya "12345".

13.Lalu Pastikan 2 database tadi yang baru kita buat sudah ada,lalu pastikan juga usernya sudah betul.

14.Lalu kita coba buat isi dari database "nibroos",pertama kita klik "nibroos",setelah di klik pada kolom "name" kalian isi bebas terserah kalian,lalu "Number of columns" kita isi "4" saja.

Disini kita isi 
  • ID>INT
  • Nama > Varchar > 50
  • Alamat > Varchar > 50
  • Umur > Varchar > 50
Kalian bebas ingin mengisi apa disini,jika sudah kita "save".

15.Lalu kita isi juga database "labiib",kita namai "guru" untuk isi yang di database ini.
Disini kita isi
  • ID>INT
  • Nama > Varchar > 50
  • Alamat > Varchar > 50
  • No Telephone > Varchar > 50
16.Lalu kita kembali lagi ke putty apakah sudah ada atau belum,kita ketik command "USE" untuk memilih database mana,dan "SHOW TABLES;" untuk melihat isi database nya.
Jika sudah ada maka sudah berhasil mengkonfigurasi Database.

Terimakasih.

Komentar