Konfigurasi Share Hosting Server


Share Hosting Server 


A.Definisi

    Shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang menyediakan sebuah akun hosting yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh beberapa akun hosting. Dalam satu server yang sama, dan memakai server bersama-sama seperti bandwidth, memori, serta daya komputasi.

B.Alat Dan Bahan

  • Ubuntu server 20.04
  •  Virtualbox 6.1
  •  Koneksi internet
  •  Draw.io

C.Langkah-Langkah

1.Langkah Pertama kita setting ip address virtual terlebih dulu pada server,kita setting dengan menggunakan command "nano /etc/netplan/00-installer.config.yaml",lalu tambahkan ip address nya seperti dibawah.

2.Lalu kita restart "netplan" nya dengan menggunakan command "netplan apply",lalu kita cek ip nya dengan menggunakan "ip a" untuk memastikan apakah ip nya sudah muncul atau belum.

3.Lalu kita tentukan dulu nama dns yang akan kita buat,kita akan buat 3 dns dengan nama www.Labiib48.net, www.broos48.id dan www.Labiibtkj48.org,kita list dulu dengan menggunakan command "nano namedns" lalu kita ketikkan dns nya.

4.Lalu kita install paket bind9 dnsutils apache2 w3m dengan "apt install bind9 dnsutils apache2 w3m".

5.Lalu kita masuk ke direktori "/etc/bind/" lalu kita tambahkan "zone" pada file "named.conf.local" dengan command "nano named.conf.local",lalu tambahkan seperti di bawah.


6.Lalu kita copy file db.local dan file db.127 dengan command "cp db.local nama_file" seperti contoh dibawah.

7.Lalu kita edit file "ip" nya.



Lalu kita tambahkan nama domain/dns kita,dan pada kotak merah sebelah kita tambahkan ip untuk dns/domain kita.

8.Lalu kita edit file yang tadi kalian copy dengan command "nano nama_file" yang tadi kalian copy.

Kita ubah "localhost" menjadi nama domain kalian,contoh nya seperti saya diubah menjadi "Labiib48.net" dan kita tambahkan "ip" dan "www" nya,ulangi langkah langkah tadi untuk mengubah semua file untuk dns kalian.
  • Broos48.

  • Labiibtkj48.

9.Lalu kita edit file "named.conf.options" dengan command "nano named.conf.options".

Konfigurasi pada file option kita bisa isikan ip gateway dan "dnssec-validation" kita isi "no".

setelah itu kita restart bind9 dengan command "service bind9 restart"


10.Lalu daftarkan dns kita di "resolv.conf" dengan command "nano /etc/resolv.conf",lalu tuliskan nama dan ip dns kalian.

Lalu kita tes ping.

11.Lalu kita install paket "resolvconf" dengan comman "apt install resolvconf".

Selanjutnya kita simpan dns pada "/etc/resolvconf/resolv.conf.d/head" dengan perintah "nano /etc/resolvconf/resolv.conf.d/head",lalu kita masukan lagi ip dan nama dns kalian.

Update dns nya dengan menggunkan command "resolvconf --enable-updates" dan "resolvconf -u".

Lalu kita coba verifikasi di komputer client dengan ping ke dns kita.
Kalau sudah me-reply kita coba nslookup.

12.Lalu kita pergi ke konfigurasi apache dengan command "nano nano /etc/apache2/apache2.conf",setelah itu kita ganti path "Directory" nya menjadi "/home/".

13.Selanjut nya kita pergi ke direktori "/etc/apache2/sites-available/" untuk meng-copy file "000-default.conf" menjadi "Labiib48.conf" dengan command "cp 000-default.conf Labiib48.conf",lalu kita edit file nya dengan command "nano".

Lalu kita hapus tanda "#" pada "servername" lalu kita masukan dns kita,lalu path "DocumentRoot" nya kita ubah menjadi "/home/Labiib48",lalu kita save.

Lakukan hal yang sama untuk dua domain yang tersisa.
  • broos48.id.

  • Labiibtkj48.org.



14.Lalu kita non-aktifkan file "000-default.conf" dengan command "a2dissite 000-default.conf" dan aktifkan semua file dns kalian dengan command "a2ensite nama_file",jangan lupa restart dengan command "systemctl restart apache2".

15.Selanjutnya kita ke direktori "/home",lalu kita buat user Labiib48,broos48,Labiibtkj48, harus sesuai dengan path yang kalian tambahkan di file "sites-available".
  • Labiib48.
  • broos48.
  • Labiibtkj48.

16.Lalu kalian pergi ke direktori "/var/www/html/" lalu kalian copy file "index.html" dan pindahkan ke user yang sudah kalian buat tadi dengan command "cp index.html /home/nama_user".

17.Lalu kalian pergi ke direktori user kalian,setelah itu kita edit file index.html dengan command nano.
Lalu kita edit title,span,dan div nya.

Jika sudah kalian ulangi cara tadi untuk mengedit file pada masing masing user,jangan lupa untuk merestart apache nya dengan command "systemctl restart apache2"

18.Lalu lakukan verifikasi pada client dengan memasukan nama domain pada search engine nya.
  • www.Labiib48.net.
  • www.broos48.id.
  • www.Labiibtkj48.org.
Jika sudah muncul maka kalian telah selesai mengkonfigurasi "Share Hosting".

Terimakasih.

Komentar